Kakanwil Kemenag Sulbar Kunjungi MAN 1 Poman

Polman,penasulbar.co.id – Kakanwil Kemenag Sulbar H. Syafrudin Baderung mengunjungi dan melihat progres Pembinaan Metode Cepat dan Tepat Belajar Bahasa Arab dan Menerjemah Al-qur’an kepada Guru dan Siswa MAN 1 Polman yang dilaksanakan di aula MAN 1 Polman. (Sabtu, 24/06/2023)

Dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan menerjemah al-Qur’an di kalangan siswa dan guru, MAN 1 Polman menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab yang cepat dan tepat.

MAN 1 Polman telah melakukan inovasi yang digagas oleh Kakanwil Kemenag Sulbar dalam pembelajaran bahasa Arab dan menerjemah al-Qur’an. Metode pembelajaran ini menggunakan pendekatan praktis dengan fokus pada penggunaan bahasa sehari-hari.

Kakanwil Kemenag Sulbar, H. Syafrudin Baderung mengungkapkan program tersebut telah lama dirintis olehnya bersama dengan Ustadz Yasrullah Dinar beberapa tahun yang lalu sewaktu masih di Gorontalo. Majelis Taklim di pegunungan, pondok pesantren bahkan instansi pemerintahan dan lapaspun sudah diterapkan metode tersebut.

“Kami dulu bersama tim dengan Ustadz Yasrullah masuk ke pegunungan bertatap muka dengan majelis taklim, masuk ke pondok pesantren, insntasi pemerintahan bahkan lapaspun kita ajarkan metode ini, dan ini membawa perubahan besar, orang-orang bisa membaca, memahami dan menerjemahkan al-Qur’an dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia sengaja menghadirkan Kepala-Kepala Madrasah agar pembinaan ini bisa dilaksanakan pada madrasahnya masing-masing. Terkhusus juga Madrasah Ibtidaiyah, metode pembelajaran bahasa arab dan menerjemahkan al-Qur’an ini sangat berguna, di masa ibtidaiyah mereka mampu menyerap dengan baik pembelajaran ini.

Kakanwil berharap penerapan metode pembinaan metode cepat dan tepat belajar bahasa Arab di MAN 1 Polman menjadi contoh inspiratif bagi madrasah lain di wilayah ini. Diharapkan bahwa inovasi ini dapat membantu siswa untuk lebih mudah dan efisien belajar bahasa Arab dan menerjemahkan al-Qur’an. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *