oleh

Sekprov Sulbar : Anggota DPRD, Tingkatkan Fungsi Pengawasan

-Daerah, Mamuju-132 views

Sekprov Sulbar, M. Idris saat mayampaikan sambutan dalam pembukaan orientasi DPRD di Bal Room d’Maleo hotel dan convention Maleo. Foto : Duk.Pena.

Mamuju,Penasulbar.co.id – Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Sulbar menggelar orientasi /pembekalan anggota DPRD Kabupaten Polmas, Mejene dan Kabupaten Mamuju Tengah di Ballroom d’Maleo Hotel dan Contion Mamuju, Selasa (8-10/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris  Daerah Provinsi Sulbar, M. Idris, Kepala Pusat Pengembangan Kopetensi (KAPUS) Pemerintahan dalam negeri, Rina kentiana dan Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesi, Lukman Said.

Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah (Sekda) Sulbar, M. Idris mengatakan, anggota DPRD Kabupaten mempunyai peran penting dalam mewujudkan percepatan pebangunan daerah.

” Para wakil rakyat memiliki peran penting dalam mewujudkan percepatan pembangunan,” tutur M. Idris dalam sambutannya.

Ia mengajak kepada semua angota DPRD kabupaten yang baru dilantik untuk memaksimalkan tugas dan fungsinya khususnya fungsi pengawasan terhadap kebijakan eksekutif.

” Baik buruknya kebijakan eksekutif dalam hal ini bupati dan wakil bupati sebagai penyelengara pemerintahan di Kabupaten ditentukan oleh kualitas pengawasan yang dilakulan anggota DPRD, ” terang M. Idrus.

Sedana dengan itu, KAPUS pemerintahan dalam negeri, Rina Kentiana juga dalam sambutanya meyampaikan, Anggota DPRD dalam kedudukannya sejajar dengan pemerintah daerah. Oleh karenanya, negara memberikan tiga fungsi pokok yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

“DPRD adalah lembaga yang sejajar dengan pemerintah daerah. Para wakil rakyat yang ada disana memiliki kewenangan yang sangat besar dalam menentukan kesejahteraan rakyat. Angota DPRD berfungsi mengawasi kebijakan eksekuti, merumuskan peraturan dan mengesahkan peraturan daerah dan membahas angaran,” pungkas Rina.

Sementara itu, Kepala BPSDM Sulbar, YakubF. Solon menyampaikan, pelaksanaan orientasi anggota DPRD dilaksakan atas kerjasama Sekwan dan BPSDM provinsi.

Ia menjelaskan, orentasi DPRD bertujuan membekali para wakil rakyat yang baru dilantik tentang tugas dan fungsinya.

“Orientasi DPRD merupakan pembekalan awal dalam memulai tugas dan fungsinya. Kita harapkan, lewat orentasi ini, Pemerintah daerah bisa star bersama-sama karena DPRD merupakan bagian dari pemerintah Daerah,” tutup Yakub Solon.

Untuk diketahui, dalam orentasi DPRD disajikan sejumlah materi diantaranya, tugas dan funsi DPRD, UUD, pancasila,  wawasan kebangsaan ,NKRI, internalisasi, integritas, hubungan pemerintah daerah dan isu-isu pembangunan yang me jadi program  perioritas Pemdah. (Avd-BPSDM Sulbar).

Redaktur : Nisan Parokak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *