Daerah  

Respon Aspirasi Pelajar dan Mahasiswa Bambang, Pj Bupati Mamasa : Jembatan Poda Segera Dibangun

Kondisi jembatan darurat Poda yang dibangun Pemdes setempat bersama masyarakat. Foto: duk. Pena. 

Mamasa,ps – Penjabat (Pj) Bupati Mamasa Muh. Zain merespon aspirasi yang disampaikan Ketua IPPKM Makassar terkait penanganan jembatan Poda, Desa Salururu, Kecamatan Bambang.

Muh. Zain mengatakan, Pihaknya telah menganggarkan pembangunan box calver sebagai solusi untuk mengganti jembatan Poda yang rusak akibat bencana banjir.

“Sudah ada anggarannya dan secepatnya kita akan bangun box calver di Poda agar perekonomian masyarakat yang ada di tiga desa di wilayah Ulumambi bisa kembali normal,” ucap Muh. Zain melalui via Whasapnya, Sabtu (15/6/2024).

Dikatakan, sejak bencana alam melanda Kecamatan Bambang khusunya di wilayah Ulumambi pada bulan Maret yang lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Mamasa telah turun kelokasi dan memberikan pelayanan kepada korban bencana.

“Kita sudah turun melihat kondisi warga yang terdampak bencana di Bambang termasuk meninjau kondisi jembatan Poda yang terbawah banjir untuk mempersiapkan penanganan,”ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kecamatan Bambang (IPPMKB) Makassar, Robinson Andi P menyampaikan kritik keras kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mamasa yang dinilai tidak memperhatian pembangunan jembatan Poda Salururu sebagai akses ke wilayah Ulumambi, Kecamatan Bambang.

Robinson mengungkapkan, jembatan Poda merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan tiga desa wilayah Ulumambi dengan ibukota Kecamatan Bambang di Desa Rantelemo.

Ia menyampaikan bahwa sudah bertahun-tahun lamanya, jembatan Poda minim perhatian dari Pemda Mamasa. Jembatan tersebut dibangun dari swadaya masyarakat dengan menggunakan bahan kayu dan selama ini menjadi satu-satunya akses masayarakat yang ada di wilayah Desa Ulumambi, Ulumambi Barat dan Desa Sikamase.

Pihaknya mendesak Pemda Mamasa untuk secepatnya membangun jembatan Poda demi membantu masyarakat yang ada di tiga desa di Wilayah Ulumambi Kecamatan Babang yang saat ini sedang terisolir.

Bahkan, jika tuntutan itu tidak ditindaklanjuti Pemda Mamasa maka massa IPPMKB makasar akan melakukan aksi turun jalan memperjuangkan nasib warga di wilayah Ulumambi Kecamatan Babang. (Ns-01)

Editor: Nisan Parrokak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *