Pemprov Sulbar Gelar Rapat Koordinasi dan Singkronisasi Program Pusat dan Daerah

Suasana pembukaan rapat singkronisasi program pusat dan daerah yang digelar Pemprov Sulbar di Hotel Maleo Mamuju. Foto: Duk. Pena. 

Mamuju,ps – Pemerintah Provinsi Sulbar bersama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemendesPDTT) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah di Grand Maleo Hotel Mamuju, Kamis (4/7/2024).

Rapat tersebut dihadiri, Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, Muh. Asri Anas dan ratusan Kepala Desa se-Sulbar.

Dalam sambutannya, PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di Sulbar.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh Pemdes se-Sulbar atas dukungan dan kerjasamanya sehingga roda pemerintahan di Sulbar dapat berjalan dengan baik,” ungkap Bahtiar.

Dia menjelaskan, delapan agenda prioritas Pemprov Sulbar diantaranya, menyukseskan penyelanggaraan Pilkada serentak 2024, penanganan gizi buruk, stunting dan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, peningkatan investasi, hilirisasi dan bangun ekosistem ekonomi hijau dan biru, kedaulatan dan ketahanan pangan, membangun konektivitas dengan IKN dan wilayah strategisnya, sinergi program pusat dan daerah, dan menjaga stabitas sosial politik, keamanan, dan ketertiban umum.

“Sebetulnya delapan agenda prioritas itu bukanlah hal baru, melainkan program yang sudah ada namun dibuat lebih sistematis,” terang Bahtiar.

Dihadapan ratusan Kepala Desa, Bahtiar Baharuddin mengatakan, banyak program yang bisa dilakukan untuk membangun daerah khususnya desa, salah satunya pengembangan sektor perkebunan dan peternakan.

“Banyak hal yang kita bisa lakukan di desa seperti membuat kebun desa atau membuat kolam desa. Kalau tidak cocok, bisa bikin peternakan ayam, ternak kambing atau penggemukan sapi supaya ada penghasilan desa,” kata Bahtiar.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Yakub F Solon menyampaikan kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah merupakan arahan dari Pj Gubernur Sulbar.

Dia menjelaskan, tujuannya rapat singkroniasai ini agar program pusat, provinsi dan kabupaten bisa diimplementasikan di desa dan di dukung sepenuhnya oleh Kepala Desa.

“Kita ingin semua program bisa diimplementasikan di desa. Baik itu program pusat, provinsi maupun program kabupaten semua bisa didukung sepenuhnya oleh Pemdes,” terang Yakub.

Sementara Abdul Rahman Tona selaku Pemdes Ralleana Kabupaten Mamasa menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulbar atas implementasi sejumlah prgram khususnya program penghijauan.

Ia menilai program penghijauan yang terus digencarkan PJ Gubernur perlu ditindaklanjuti terus menerus. Terutama di Mamasa, sebab diketahui Mamasa termasuk daerah rawan longsor.

“Kami sangat mendukung semua program yang sedang dicanangkan Pemprov Sulbar. Terkhusus program penghijauan agar ke depan Sulbar khususnya Kabupaten Mamasa terhindar dari bencana,” ungkapnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *