oleh

Pemdes Polio Tepis Isu Pemotongan BTL Dana Desa

Kalumpang,Penasulbar.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Polio, Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju menepis isu terkait pemotongan Bantual Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang sudah dibagikan kepada warganya.

Bendahara Desa Polio, Wawan mengatakan, isu pemotongan BLT DD Polio itu tidak benar adanya.

Ia menjelaskan, Pada 30 Desember 2020 pihaknya membagikan BLT kepada setiap penerima sebesar 600 ribu rupia dari total 900 ribu. Hal itu terjadi karena anggaran sudah dialokasikan ke kegiatan fisik.

Untuk menutupi kekungan tersebut, maka pihaknya kembali mengurangi volume pekerjaan fisik sehingga tanggal 10 Januari 2021 baru kemudian bisa dibayar full sebanyak 900 ribu rupia kepada setiap penerima.

” Tidak ada pemotongan BLT yang dibagikan kepada masyarakat. yang terjadi hanya belum dibayar ful karena dananya sudah dialihkan ke kegiatan fisik sesuai perencannaan sebelumnya. Setelah kami kurangi volume kegiatan fisik kemudian kami bayar ful 900 ribu kepada penerima blt,” terang Wawan.

Menurut dia, kondisi ini terjadi karena lebih duluan anggaran dialihkan ke kegiatan fisik daripada keputusan lanjut tidaknya pemberian BLT.

“Dalam tahun anggaran 2020, kita beberapa kali melakukan perubahan anggaran akibat penanganan covid-19. Khusus BLT, kami pikir hanya akan berlaku pada triwulan 2. sesudah itu kami alokasikan anggaran ke fisik. nah, setelah kami alokasikan anggaran ke kagiatan fisik barulah ada keputusan untuk tetap memperpanjang pembangian BLT sampai bulang Desember,” terangnya.

Ia berharap, masyarakat desa Polio memahami kondisi ini karena tidak ada unsur kesengajaan apalagi mau mengurangi BLT yang dibagikan.

“Kami berharap, masyarakat bisa pahami kondisi ini. Toh juga kami telah mencarikan solusi dan sudah dibayakan ful,”tutup Wawan.

Komentar