oleh

Pembangunan Ruas Jalan Matangnga-Keppe Hampir Rampung

Gubernur Sulbar bersama rombongan saat pantau pembangunan jalan Matangnga-Keppe.

Majene,Penasulbar.co.id – Pembangunan ruas jalan Lampa-Matangnga tahun 2020 terus digenjot. Ruas jalan yang menghubungkan Matangnga-Keppe dengan alokasi anggaran sebesar Rp3,18 miliar itu sudah hampir rampung. Saat Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar melakukan pantauan pembangunan jembatan Desa Lili, ruas Lampa Matangnga Kabupaten Polewali Mandar, Selasa, 1 Desember 2020 terus dikebut.

” Jembatan ini merupakan penghubung antara Matangnga-Keppe, insya Allah kalau ini selesai pasti segala aktifitas masyarakat akan berjalan dengan baik. Dengan selesainya jembatan ini, kita berharap masyarakat kita bisa senang,” tandas Ali Baal Masdar.

Gubernur Ali Baal Masdar mengatakan, saat ini kondisi Ruas Jalan di Kecamatan Bulo itu sudah mantap 35 Kilometer dari Poros Trans Sulawesi. Pihaknya terus memberikan perhatian mengingat ruas Jalan Lampa-Matanga merupakan jalan provinsi dan menjadi akses perekonomian bagi petani di Kecamatan Bulo dan Matangnga.

Bahkan, Ia berkomitmen jalan tersebut terus dikerjakan untuk tembus ke Kecamatan Mambi, Mamasa.

“Kita harapkan pembangunan ini terus dilanjutkan untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat agar semakin baik,” ungkapnya.

Masih kata mantan Bupati Polman dua periode itu, pembangunan infrastruktur ruas jalan Lampa-Matangnga masih tersisa 6 Kilometer , dan masuk dalam program Dana Alokasi Khusus 2021 (DAK) yang akan diselesaikan oleh PT. SMI ditahun depan yang sudah tidak lama lagi terselesaikan

Pembangunan jembatan Desa lilli Ruas Lampa Matangnga menggunakan dana Rp 3,18 miliar bersumber dari Dana Alokasi Umum tahun 2020 , dikerjakan oleh PT Sinar Wattang Polewali.

Ruas Jalan Lampa Matangnga itu mendukung akses pertanian di daerah Mehalaan, Mambi. Yang merupakan daerah transmigrasi memiliki potensi menjadi daerah pemasok sayur-mayur dan tanaman holtikultura.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Sulbar Nur Dajwi menyebutkan, akses Polman-Mambi lewat jalur Ruas Lampa Matangga menempuh jarak hingga 80 kilometer lebih. Kondisi jalan yang susah mantap 35 Kilometer sehingga menyisakan sekira 40 Kilometer lagi untuk menuntaskan jalan tersebut.

Rencananya, untuk 2021 , pihaknya kembali mengerjakan ruas Jalan Lampa-Matangga itu lewat dana DAK Rp17 miliar, dan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesa Rp 2,3 miliar, ditambah pemanfaatan dana PT.SMI

“Secara bertahap itu bisa dituntaskan,” tutur Nur.

Camat Matangga, Asmadi mengemukakan, rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas diselesaikannya pembangunan jembatan tersebut.

“Kita bersyukur jembatan Lilli ini bisa terbangun dalam waktu singkat dan dapat dimanfaatkan masyarakat kami. Ini tidak lepas dari perhatian pemerintah provinsi yang terus membantu dalam meningkatkan dan membenahi menata infrastruktur di daerah kami,” sebutnya.

Gubernur Sulbar dalam melakukan pantauan ruas jalan Lampa-Matangnga didampingi Kadis PU, Aksan, Kaban Balitbang, Jamil Barambangi, Kadis Perkebunan, Abd. Waris, Kabid Bappeda, Yohanis Piterson, Kepala UKPBJ, Hamdani Hadi, tenaga ahli Gubernur Sulbar, M Danial, Gazali Baharuddin Lopa, Ismail Azhat. (farid)

 

Komentar