oleh

Lebih 600 UKM dan 11 Pasar Terdampak Gempak di Mamuju dan Majene Sulbar

Kadis  Koperindag dan UKM Sulbar, Amir Maricar.

Mamuju,Penasulbar.co.id – Gempa Bumi yang mengguncang Sulbar pada pertengahan Januari yang lalu mengakibatkan perekonomian masyarakat sempat lumpuh.

Ratusan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) terdampak dan puluhan pusat perbelanjaan seperti pasar mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Koperasi Industri Perdagangan dan UMKM Sulbar, Amir Maricar menyebutkan, sebanyak 654 UKM mengalami kerugian akibat gempa tersebut.

“Berdasarkan data yang kami himpun pasca gempa, terdapat 654 UKM yang terdampak. Sebanyak 555 UKM di Mamuju dan 99 di Majene,” terang Amir Maricar.

Selain UKM, bencana tersebut juga mengakibatkan sedikitnya 11 pasar rusak berat dan rusak ringan.

“Beberapa pasar yang rusak diantaranya, Pasar Baru Mamuju rusak berat, Pasar Sentral Mamuju rusak berat, Pasar Salletto rusak ringan, Pasar Passabuk rusak berat, Pasar Sumarek rusak ringan,  Pasar Tappalang rusak berat, Pasar Botteng rusak sedang, Pasar Maleaya rusak berat, Pasar Malunda rusak sedang , Pasar Deking rusak ringan dan Pasar Salu Tambun rusak berat,” Tutur Amir Maricar.

Untuk memulihkan perekonomian pasca gempa, kata dia, pihaknya sedang mengupayakan perbaikan inprastruktur perekonomian seperti perbaikan pasar dengan meminta bantuan anggaran pemerintah pusat melalui kementrian perdagangan.

Ia juga sedang mengupayakan bantuan kepada para palaku UKM yang terdampak agar bisa kembali bangkit dalam mengembangkan usahanya.

“Dalam mendorong pemulihan ekonomi maka kita upayakan perbaikan pasar dan bantuan bagi pelaku UKM sehingga mereka bisa bangkit dari keterpurukan,” pungkasnya.(Ns-01)

Redaktur : Nisan Parrokak

Komentar