Kabar Gembira, Penerbangan Rute Mamuju-Balikpapan Dimulai Bulan Agustus

MAMUJU,PS- Presiden Joko Widodo optimistis bisa berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, mulai Juli 2024 setelah pasokan air baku tersedia.

“Sangat optimistis untuk kantornya. Ini masih menunggu satu saja (untuk) airnya (siap) bulan Juli,” kata Jokowi ketika meninjau pembangunan kompleks Istana Kepresidenan di IKN. Bahkan direncanakan Presiden Jokowi akan melaksanakan upacara 17 Agustus di IKN. Dengan demikian maka sebagian aktivitas pemerintahan pusat akan berjalan di IKN.

Sekaitan dengan hal tersebut Sulawesi Barat sebagai provinsi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) telah berbenah. Salah satunya dengan akan hadirnya layanan transpostasi jalur udara dari Balikpapan – Mamuju dan sebaliknya Mamuju ke Balikpapan.

Hari ini Senin, 8 Juli 2024 Pemprov Sulbar telah mendapat surat tembusan dari Kementerian Perhubungan RI atas persetujuan pembukaan jalur Sulbar – Kaltim. Sebelumnya juga pihak PT Wings Air bermohon penambahan penerbangan sesuai permohonan slot time new rute dari Kementerian Perhubungan ke pihak maskapai.

“Tentu atas arahan Pj Gubernur Bahtiar dan jajaran Pemprov berterimakasih atas bantuan serta support dari Kementerian Perhubungan dan Komisi V DPR RI terkait disetujuinya penambahab rute,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Maddereski Salatin, Senin 8 Juli 2024.

Termasuk, dukungan dari jajaran pejabat Bandara Tampa Padang yang terus mensupport peningkatan pelayanan.

“Jadi ada penambahan rute baru maskapai Wings Air Mamuju-Balikpapan yang akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024 mendatang,” kata Maddereski.

Ia menambahkan sesuai arahan Pj Gubernur Dinas Perhubungan terus melakukan kordinasi demi kelancaran pelayanan penerbangan rute Mamuju-Balikpapan. Bahkan sampai hari ini layanan Mamuju ke Makassar dan sebaliknya telah melayani penerbangan empat kali sepekan.

“Begitu juga ada penambahan penerbangan rute Mamuju-Makassar, dimana sudah 4 kali seminggu,” tambahnya.

Bahkan, akan dilakukan penerbangan setiap hari jika permintaan penumpang bertambah di Bandara Tampa Padang Mamuju.

“Jadi setiap hari kalau bertambah permintaan penumpang. Kita ucapkan terimakasih ke Pemerintah pusat atas bantuannya termasuk pihak Bandara Tampa Padang Mamuju,” tandasnya.

Adapun, rencana Penerbangan dengan Rute Balikpapan – Mamuju sebagai berikut:

1. Penerbangan dari BPN – MMJ yang semula di rencanakan tgl 5 Juli 2024 dangan Pesawat Wings ATR 72 untuk sementara masih dalam proses pengurusan slot time dan pengaturan armada, mengingat adanya penambahan rute baru dari Berau – Balikpapan – Mamuju *(PP)*.

2. Rencana jadwal penerbangan hari Selasa, Kamis dan Sabtu.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *