oleh

Jumalah Warga Positif Covid-19 di Kecamatan Tabulahan Terus Bertambah, Masyarakat Belum Disiplin Menjalankan Prokes

Petugas kesehatan Puskesmas Tabulahan sedang melakukan pemeriksaan terhadap warga yang perna kontak erat dengan pasien positif covid-19. Foto : duk. Pena. 

Mamasa,penasulbar.co.id – Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa terus bertambah. Dalam sepekan, sebanyak 80 warga dinyatakan terpapar covid-19.

Kepala Puskesmas Tabulahan,  Iryana mengungkapkan,  hingga hari ini, Senin 19 Juli 2021, sebanyak  80  warga Kecamatan Tabulahan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan Swab antigen.

Bahkan, dalam kurun waktu beberapa hari, virus mematikaan ini telah menyebar ke beberapa desa di Kecamatan Tabulahan.

“Berawal dari klaster pernikahan dan rumah duka di Kelurahan Lakahang beberapa hari lalu kemudian menyebar kesejumlah desa diantaranya, Desa Tabulahan,  Desa Tampak Kurra dan Desa Timoro, ” terang Iryana.

Dia menambahkan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) menyebabkan terjadinya lonjakan kasus positif covid-19 dalam sepekan ini.

Selain kurangnya kedisiplinan warga dalam menjalankan Prokes, juga ada pemahaman bahwa Virus ini hanya rekayasa.

Kondisi tersebut membuat petugas kesehatan terkendala dalam melakukan tracking terhadap warga yang sudah kontak erat dengan pasien.

“Ada warga yang kami temui dilapanagan tidak mau diperiksa atau diswab karena tidak percaya dengan wabah covid-19. Mereka menyangkah yang positif itu dibuat-buat saja,” terang Iryana.

Ia berharap kepada semua pihak khususnya tokoh masyarakat dan tokoh agama agar bersama-sama dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih disiplin dalam menjalankan Prokes.

“Saya mengajak kepada seluruh tokoh masyarakat dan parah tokoh agama untuk bersinerji dalam melakukan pencegahan covid-19. Jangan hanya dibebankan kepada tenaga medis karena melawan Virus Corona butuh kekompakan,”imbuhnya. (ns-01)

Redaktur :Nisan Parrokak

Komentar