oleh

Gubernur Sulbar Kunker ke NTB

Penasulbar.co.id, Mataram – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar bersama Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Nusa Tenggara Barat (NTB), melihat fasilitas layanan ketenagekerjaan untuk pekerja migran di Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.

Setibanya di Mataram, Ali Baal Masdar bersama Abd Rahim beserta rombongan diterima Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Kunker tersebut bertujuan untuk melihat fasilitas ketenagakerjaan dan sistem kerja fasilitas yang akan dibangun di Sulbar dalam waktu dekat dengan dukungan Kementerian Ketenakerjaan.

Fasilitas yang dikunjungi yakni gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Lombok Tengah dan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kemenaker di Lombok Timur.

Menurut Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, Firdaus Attauwur, sarana dan fasilitas ketenagakerjaan tersebut untuk pembinaan dan pemberdayaan para pekerja, baik pekerja migran maupun PMI purna di daerah itu. Sarana dan fasilitas seperti itu, katanya, insya Allah akan dibangun juga di Sulbar dalam waktu dekat.

“Kunjungan pak Gubernur melihat fasilitas ketenagakerjaan di Lombok Tengah melihat LTSA, lalu di Lombok Timur BLK UPT Disnaker NTB. Dua sarana seperti iti, insya Allah segera dibangun di Sulbar dengan dukungan Kemenaker,” jelas Tenaga Ahli Gubernur bidang Ketenagakerjaan itu, via gawainya, Rabu, 31 Maret 2021 malam.

Kunjungan di Lombok Timur diterima langsung Bupati, M. Sukimaan Azmy dan Pimpinan Balai Latihan Kerja Lombok, Sabar.

LTSA di Komplek Disnakertrans Lombok Tengah merupakan sarana pelayanan dan pelindungan PMI yang disiapkan untuk memberi layanan cepat, mudah, murah, dan aman bagi para calon pekerja migran, juga untuk pelindungan bagi pekerja migran dan keluarganya.

LTSA tersebut memiliki tujuh desk yakni desk Ketenaga kerjaan, desk Dukcapil, desk Imigrasi, desk Kesehatan, desk Kepolisian, desk BPJS Ketenagakerjaan, dan desk BP2MI.

Sebagaimana telah diberitakan, pelabuhan Tanjung Silopo, Polewali Mandar terus dibenahi untuk pelayanan pekerja migran dalam wilayah Sulbar dan provinsi lain di sekitarnya.

Dalam kawasan pelabuhan akan disediakan sarana berupa LTSA untuk pelayanan pekerja migran di Sulbar maupun provinsi sekitar di kawasan timur Indonesia.

Sedangkan BLK diharapkan juga menjadi pusat pembinaan tena kerja sehingga menjadi tenaga kerja dengan kualitas SDM yang memadai dan siap kerja, baik di dalam negeri maupun sebagai pekerja migran di luar negeri.

Dalam kunjungan tersebut, Ali Baal Masdar dan Abdul Rahim disertai Ketua Komisi I DPRD Sulbar, Syamsul Samad, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra, Muh. Natsir, Kadis Tenaga Kerja, Bahtiar, Sekwan, Abd Wahab dan Tenaga Ahli Gubernur, Firdaus Attawuwur.

(ADV/23)

Komentar