oleh

DKPP RI Apresiasi Penyelenggaraan Pilkada di Sulbar

Penasulbar.co.id, Mamuju – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, Prof. Muhammad mengapresiasi penyelenggaraan Pemulihan Kepala Daerah (Pilkada) di empat kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar).

Prof. Muhammad mengungkapkan, pihaknya melihat bahwa pelaksanaan Pilkada di Sulawesi Barat termasuk sukses. Sehingga, kata Dia, bagi DKPP, Sulbar perlu di apresiasi.

“Salah satunya dalam keputusan pleno kami, Sulbar ini perlu diberi apresiasi,” kata Prof. Muhammad kepada wartawan saat diwawancarai di Hotel Pantai Indah, Mamuju Sulbar, Kamis, 8 April 2021.

Ketua DKPP RI, Prof. Muhammad saat memberikan sambutannya

Ia juga mengungkapkan bahwa tidak semua tempat dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada 2020 lalu, pihaknya kunjungi.

“Memang ada satu, dua laporan ke DKPP tapi Alhamdulillah dalam putusan-putusan yang sudah disidang, itu tidak terbukti jadi penyelenggaranya direhab,” katanya.

Lanjut Prof. Muhammad memberikan dukungan dan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu yang ada di Sulbar dan kabupaten kota yang melaksanakan Pilkada.

Ia menjelaskan bahwa ke khawatiran mengenai Pilkada ditengah pandemi yang bisa saja mengorbankan kualitas proses dan hasil Pilkada, mengurangi integritas proses dan hasil Pilkada, paling tidak di Sulbar ini by data dari DKPP tidak terjadi.

“Teman-teman penyelenggara bisa menjalankan tugas sesuai prinsip-prinsip atau sesuai ketentuan, mempedomani ketentuan KPU, Bawaslu dan dalam perspektif etika, mempedomani perspektif DKPP,” kata Prof. Muhammad.

“Dari segi pelaksanaan, mulai dari tahapan-tahapan bisa dikelola dengan baik, dijalankan sesuai ketentuan, meskipun kita tau baru kali ini ada pengalaman Pilkada ditengah pandemi, ada regulasi-regulasi tambahan yang biasanya bisa mengganggu proses yang dikelola oleh Bawaslu dan KPU. Tapi Alhamdulillah dengan pengawalan KPU RI dan Bawaslu RI dan komitmen teman-teman penyelenggara disini sehingga itu bisa dilaksanakan walaupun ditengah pandemi,” ujarnya.

(*/Ek)

Komentar