oleh

BUPATI MELOUNCHING PENYALURAN BLT-DD DI DESA BALLA SATANETEAN KECAMATAN BALLA

Suasan Lhounching  penyerahan BLT-DD yang di gelar Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi di Desa Satanetean, Kecamatan Balla.

Mamasa,Penasulbar.co.id – Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Mamasa Ardiansyah, S. STP, Kapolres Mamasa AKBP Indra Widiatmoko melounching penyaluran perdana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) pada hari ini, Jumat 15/5/2020 yang diselenggarakan di Desa Balla Satanetean Kecamatan Balla.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah para Kepala Dinas Terkait dan unsur tokoh masyarakat desa Balla Satanetean dan masyarakat calon penerima BLT-DD.

Dalam kegiatan tersebut para penerima bantuan diatur dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan terutama menjaga jarak tempat duduk dan sebelum memasuki ruang pertemuan diwajibkan cuci tangan dan memakai masker.

Di hadapan para calon penerima bantuan Bupati Mamasa menyampaikan agar pemberian BLT dana desa dengan jumlah 600 ribu rupiah kepada 153 keluarga di desa Balla satanetean digunakan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

“Jangan langsung dihabiskan! Gunakan sesuai dengan kebutuhan mendesak. Saya mengharapkan pula bahwa setelah menerima bantuan ini jangan langsung tidur karena beranggapan bahwa sudah ada uang. Saya berharap Bapak/Ibu terus berproduksi, kerja di sawah dan kebun karena itu adalah sumber penopang kehidupan utama masyarakat. Uang 600 ribu Rupiah akan cepat habis tapi hasil dari sawah/kebun tak akan pernah habis sepanjang kita mengerjakannya dengan tekun. Jadi teruslah bekerja tetapi jangan lupa jika keluar rumah tetap pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan serta terus berlakukan perilaku hidup bersih.” Demikian disampaikan Bupati Mamasa.

Bupati menambahkan bahwa selain BLT-DD dan bantuan-bantuan dari pusat, Pemerintah Kabupaten Mamasa juga telah menyiapkan bantuan kepada warga yang tidak tercover pada bantuan dana desa dan pusat sehingga Bupati berharap masyarakat Mamasa tidak ada yang terlewatkan dalam menerima bantuan bagi mereka yang terdampak covid-19.

“Saya berharap masyarakat jangan resah, jangan ada yang merasa terabaikan karena pada gilirannya semuanya akan mendapatkan bantuan pada saatnya nanti, baik yang bersumber dari pusat, dana desa maupun dari pemerintah kabupaten Mamasa.” Demikian diungkapkan Bupati.

Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mamasa agar Pandemi ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat dapat berjalan normal kembali.

Ditempat yang berbeda Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tirada didampingi Kajari Mamasa melakukan Louching BLT-DD di Desa Tawalian Timur Kecamatan Tawalian. Tercatat ada sebanyak 203 KK penerima BLT-Dana Desa di desa tersebut yang langsung dibagikan oleh relawan desa.

Diberitakan semua Pemerintahan Desa di kabupaten Mamasa akan menyalurkan BLT-Dana Desa kepada masyarakatnya yang terdampak Covid-19 yang tidak tercover dalam daftar penerima bantuan JPS. PKH, BPNT atau Bansos lainnya.

Hal ini sesuai dengan Permendes No 6 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Desa & PDTT dimana setiap desa diwajibkan mengalokasikan dananya sebesar 25% untuk pagu anggaran kurang dari 800 juta rupiah , 30% untuk pagu 800 juta – 1,2 miliyar rupiah, dan 35% untuk pagu diatas 1,2 miliyar rupiah.
(info TGTPP-C19 Kab. Mamasa)

Komentar