oleh

BPSDM Sulbar : CPNS Wajib Ikut Latsar, Ini Kompetensi yang Harus Dimiliki

Suasana penyerahan SK CPNS Pemprov Sulbar di Halaman Rujab Gubernur.

Mamuju,Penasulbar.co.id – Sebanyak 288 Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) formasi 2019 menerima SK dari Gubernur Sulbar yang berlangsung di Lapangan Upacara Pelataran Rujab Gubernur Sulbar, Senin (8/2/2021).

Kepala BPSDM Sulbar, DR. Yakub F Solon mengungkapan, para ASN yang sudah menerima SK CPNS hari ini akan mengikuti Latihan Dasar (Latsar) CPNS yang diselenggarakan oleh BPSDM Sulbar.

Ia menjelaskan, Latsar CPNS adalah pendidikandan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme
serta kompetensi bidang

Bedasarkan Peraturan LAN RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Latsar CPNS maka setiap CPNS sebelum ditetapkan menjadi PNS wajib mengikuti Latsar.

Lanjut Yakub menambahkan, Melalui Latsar diharapkan para CPNS bisa memiliki kompetensi, baik itu kompetensi sosial kultural, kompetensi teknis dan kompetensi tehnik bidang.

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman
berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan
peran, fungsi dan jabatan.

Kemudian kompetensi teknis adalah pengetahuan, keterampilan,
dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang
teknis jabatan.

Lalu kompetensi teknis bidang tugas adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang bersifat teknis administratif dan teknis substantif yang dapat diamati,
diukur dan dikembangkan untuk melaksanakan bidang tugas jabatan PNS.

“Inplementasi dari semua kemampuan yang dimiliki ASN akan diwujudkan melalui sikap perilaku bela negara, aktualisasi nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, aktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas,”terang Yakub.

Menurutnya, 288 CPNS Provinsi Sulbar itu merupakan semangat baru dan energi baru bagi provinsi sulbar untuk bangkit, pulih dan maju malqbi dari keterpurukan pasca bencana gempa bumi yang melanda Sulbar belum lama ini. (Ns-01)

redaktur : Nisan Parrokak

Komentar