oleh

Astisipasi Pemudik, Polsek Tabulahan Perketat Penjagaan di Posko Lakahang

Kapolsek Tabulahan,  IPDA Muh. Ilyas  turun langsung memeriksa setiap pengendara yang melintas di Lakahang,  Kecamatan Tabulahan,  Mamasa. 

Mamasa,pensulbar.co.id – Pemerintah telah menetapkan larangan mudik lebaran yang dimulai pada tanggal 6 sampai 17 mei 2021.

Larangan mudik lebaran tahun ini dikeluargan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal tersebut ditidaklanjuti masing-masing pemerintah daerah dengan membuat posko penyekatan mudik di perbatasan, baik antar provinsi maupun antar kabupaten.

Diperbatasan Kabupaten Mamasa dan Mamuju, misalnya, posko penyekatan mudik disiapkan didepan Mapolsek Tabulahan sebagai pintu masuk pemudik dari luar Kabupaten Mamasa.

Kapolsek Tabulahan, IPDA Muh. Ilyas mengatakan, sejak tanggal 28 April pihaknya telah mendirikan posko penyekatan mudik lebaran di depan Mapolsek Tabulahan.

Ia melibatkan semua unsur baik dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan petugas kesehatan dari Puskesmas Tabulahan.

“Mengantisipasi masyarakat yang mudik sebelum larangan mudik diberlakukan, maka kami telah mendirikan posko sejak 28 April. Petugas di Posko ini bekerja 24 jam secara bergatian, ” ungkap Muh. Ilyas saat ditemui di Mapolsek Tabulahan, Minggu (9/5/2021).

Dia mengatakan, setiap pengendara yang ingin masuk ke Kabupaten Mamasa lewat Lakahang, Kecamatan Tabulahan, diberhentikan dan diminta menunjukkan indentitas.

“Kita periksa semua pengendara yang melintas. Kita ingin pastikan bahwa tidak orang dari luar yang mudik ke wilayah Kecamatan Tabulahan atau Kabupaten Mamasa,” terangnya.

Lanjut ia menjelaskan, selain pelintas, pihaknya juga memeriksa setiap kendaraan warga setempat yang mengabaikan protokol kesehatan.

“Kami perketat penerapan protokol kesehatan khususnya bagi semua pengendara. Kita ingin semua pengendara bisa sadar dalam mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” tegas Muh. Ilyas.

Berdasarkan pantaunnya, jumlah kendaraan yang melintas di Posko Penyekatan di Lakahang mulai berkurang sejak 6 Mei 2021.

“sebelum tanggal 6 Mei, kendaraan yang melintas di Lakahang terbilang banyak. Namun, saat memasuki dimulainya larangan mudik pada tanggal 6 Mei, jumlah kendaraan yang melintas sudah cendrung normal seperti biasa,” pungkasnya.

Ia menghimbau kepada seluruh warga Kecamatan Tabulahan yang ingin mudik agar menunda waktu mudiknya demi pencegahan Covid-19.

“Kita himbau semua warga Kecamatan Tabulahan agar tidak mudik lebaran. Ini demi kebaikan kita semua. Mari kita bersama menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari penularan covid -19,” tutup Muh. Ilyas. (ns-01)

Komentar