oleh

Hingga Hari Tercatat 84 Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa di Sulbar

-Daerah, Mamuju-77 views

kantor Gubernur Sulbar rata dengan tanah pasca digoncang gempa bumi 6,2 Magnitudo.

Mamuju,Penasulbar.co.id – Juru Bicara (Jubir) Satgas penanganan bencana Sulbar merilis sebanyak 84 korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 6.4 magnitudo yang mengguncang Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat 15 Januari 2021 kemarin.

“Berdasarkan data hari ini, korban meninggal dunia yang sudah ditemukan berjumlah 84 orang,” kata Jubir Satgas Penanganan Bencana Sulbar, Muhammad Natsir, Senin (18/1/2021).

Natsir mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan ditemukannya 84 orang korban akibat gempa bumi tersebut sekira pukul 13.30 tadi siang.

“84 korban tersebut masing-masing dari Kabupaten Mamuju 70 orang, serta 14 orang dari Kabupaten Majene,” katanya.

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pencarian terhadap tiga orang yang diduga tertimbun tanah longsor di Meikata, Majene Sulbar.

“Sedangkan korban yang berhasil diselamatkan hari ini sebanyak 18 orang,” kata Muhammad Natsir.

Diketahui bahwa titik pusat gempa diperkirakan berada di 6 kilometer timur laut Kabupaten Majene Sulbar. Gempa yang terjadi Kamis 14 Januari 2021 sekira pukul 14.35 WITA dengan durasi sekitar 5 hingga 7 detik dengan kekuatan 5,9 magnitudo dan terdapat gempa kedua dengan skala yang lebih besar yaitu 6,2 magnitudo yang terjadi Jumat 15 Januari 2021 sekira pukul 02.28 WITA dini hari.

Masyarakat yang panik dan takut terjadi tsunami dan juga banyaknya bangunan yang runtuh membuat Kabupaten Majene dan Mamuju diliputi duka. Sementara listrik hingga saat ini masih padam.

Diperkirakan sebanyak 2000 orang mengungsi ke 5 Titik pengungsian di kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro.(ns-ek)

 

Komentar